Wednesday, March 3, 2010

Semutan pada Tangan !!!!!

Kasus semutan pada tangan cukup banyak, mulai dari jari2 tangan yg bisa mengenai 3 jari di tengah ( jari telunjuk, tengah, manis ) or seluruh jari2 ( 5 jari ), ada lagi yg hanya mengenai jari kelingking ( jari 5 ) dan setengah jari 4 ( jari manis ). Belum lagi ada gejala penyerta seperti rasa DINGIN pada jari2 tangan tsb, kadang2 ada yg disertai dg CRAMP2 sampai dengan kesulitan MENULIS atau disebut WRITER CRAMP, bahkan ada yg cramp nya sangat hebat. Ada pula yg disertai dg KEDUTAN pada daerah tangan atau lengan.

Semua gejala2 tsb, ada yg penyebab nya mudah diatasi seperti semutan jari2 tangan disertai rasa dingin pada jari2 tangan dan kaki serta cramp2 pada jari2 tsb, yg menyerang pasien yg masih muda; dalam hal ini sebab nya umum nya karena kekurangan calsium ataupun karena suatu keadaan yg disebut spasmofilia/Syndroma hyperventilasi.

Kalau semutan hanya menyerang 1 tangan pada orang yg sudah tua dengan resiko Cardio-vaskular ( Hypertensi, Diabetes, dyslipidemia atau lebih umum disebut cholesterol dan lemah/triglicerida yg tinggi ) dan bersifat mendadak, maka perlu dipikirkan ada nya serangan Stroke, sedangkan kalau perjalan perlahan dan progressive, tentu nya mengarah kearah prose TUMOR OTAK. Sedangkan semutan yg hanya mengenai 1-3 jari sampai dengan 5 jari tangan, yg mengenai WANITA perlu dipikirkan suatu keadaan SARAF KEJEPIT DI PERGELANGAN TANGAN yg lebih dikenal dengan istilah CARPALL TUNNEL SYNDROME yg SANGAT BANYAK dijumpai di klinik, dengan gejala yg kadang KHAS yaitu terjadi semutan HANYA PADA SAAT LEBARAN, kalau boleh sama penulis sebut sebagai SINDROMA LEBARAN yg menyerang ibu2 rumah tangga , yg hanya terjadi sewaktu lebaran dimana tak ada PEMBANTU rumah tangga.

Kemungkinan lain selain saraf kejepit di pergelangan tangan, masih mungkin karena saraf KEJEPIT DI LEHER, dimana dengan amat mudah ditentukan lewat pemeriksaan EMG ( Electro-myografi ) yg ada di Rumah-Sakit2 yg besar. Penyakit Carpall Tunnel Syndrome ini juga bisa menyerang pada laki2, tapi umum nya harus ada yg melatar-belakangi nya seperti DIABETES or profesi nya sebagai MEKANIK ( banyak mempergunakan alat dengan MEMUTAR pergelangan tangan ).

Apakah anda/keluarga anda ada yg mengeluh seperti ini ???, konsultasikanlah segera ke dokter spesialis SARAF yg menjadi dokter kepercayaan anda. Semoga tulisan ringan ini bermanfaat untuk anda semua.

dr T. Juwono, sp Saraf RSIB/Husada.

No comments:

Post a Comment